Tiga Tanda Penipuan Di ATM, Waspadalah Dengan Tanda-tandanya!

245

Tidak dipungkiri tindak kejahatan lewat ATM sangat meresahkan akhir-akhir ini, dari penipuan-penipuan nomor kontak center, perampokan dan lain sebagainya.

Seperti penuturan salah satu korban di sebuah media sosial yang menceritakan kisahnya di saat mengalami kejanggalan dalam bertransaksi di sebuah mesin ATM BNI di SPBU Mangun Jaya, Bekasi.

Seorang netizen bernama Andrian tersebut mengatakan bahwa di saat ia masuk ATM tidak ada yang membuatnya curiga, semua terlihat biasa-biasa saja. Begitu juga saat ia nemasukkan kartu ATM dan melakukan transaksi penarikan tunai, semua berjalan lancar tidak ada sesuatu yang mencurigakan.

Semua kecurigaan itu muncul setelah Andrian selesai melakukan transaksi, saat Andrian berniat menyudahi transaksi di ATM tersebut ia kesulitan mengambil kartu ATM yang berada di lubang sempit mesin ATM tersebut.

Seperti biasa di setiap mesin ATM pasti ada tertulis ‘LAYANAN 24 JAM: Jika kartu anda tertelan, rusak, hilang, segera hubungi call center’. Begitu juga di ATM BNI yang dikunjungi Andrian ini, hanya saja nomor kontak yang tertera bukanlah nomor kontak resmi Bank BNI.

Untung, walaupun Andrian saat itu merasa panik ia tidak tertipu oleh stiker yang terpampang dihadapannya tersebut.

Andrian langsung kontak nomor layanan resmi milik BNI, yaitu nomor 500046. Tapi Andrian tidak mendapatkan jawaban di nomor tersebut, dia berpikir mungkin karena hari libur kontak center tersebut tidak menjawab.

Akhirnya Andrianpun memutuskan untuk mengganti PIN ATM nya melalui m-Banking untuk keamanannya.

Yang ditemukan Andrian di mesin ATM tersebut adalah ada semacam benda pengganjal di lubang kartu ATM sehingga jika kartu di masukkan tidak akan bisa keluar lagi dan tertelan di dalam mesin tersebut.

Andrian juga menemukan plastik setelah ia mengorek lubang mesin tersebut menggunakan kunci motornya, plastik ini dilem menggunakan lem besi.

Selain itu Andrian juga melihat stiker yang ia curigai sebagai nomor kontak palsu.

Saat itu Andrian mencoba menghubungi security yang menjaga ATM tersebut, tapi Andrian tidak menemukannya. Saat ia bertanya kepada petugas SPBU, petugas tersebut mengatakan bahwa petugas ATM tersebut sedang keluar.

Lebih berhati-hati dalam bertransaksi melalui ATM, meneliti terlebih dahulu sebelum melakukan transaksi mungkin akan lebih bisa mengurangi hal-hal buruk yang mungkin saja terjadi.

Usahakan mencari ATM yang terdapat penjaga di sana agar lebih aman.

Post Terkait

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.