Posisi Tidur Yang Bikin Pintar

218

Bagi sebagian orang tidur hanya merupakan cara untuk melepaskan kelelahan tubuh setelah seharian penuh diisi dengan aktifitas. Tubuh kita akan merasa lelah dan butuh untuk diistirahatkan.

Sedikit dari kita yang tahu bahwasannya posisi tidur juga ternyata bisa berpengaruh terhadap kecerdasan otak. Karena posisi tidur juga menentukan cara kerja otak kita.

Berbagai macam penelitian telah dilakukan dalam hal ini. Penelitian tentang posisi tidur korelasinya dengan kondisi kita saat tertidur dan juga durasi dari tidur kita.

Seperti penelitian yang dilakukan di Jepang yang membuktikan bahwa karyawan yang diberi waktu untuk tidur siang akan lebih produktif dalam bekerja.

Walau waktu yang direkomendasikan selama tidur siang hanya 30 menit, tapi ternyata memberikan efek yang positif terhadap kinerja karyawan.

Penelitian terbaru dari Stony Brook University, New York, Amerika Serikat, membuktikan bahwa posisi tidur ternyata mempengaruhi cara kerja otak yang berakibat kepada kecerdasan otak.

Dari hasil penelitian tersebut terungkap bahwa posisi tidur yang baik adalah posisi tidur seperti janin, yaitu miring. Hal ini juga selaras dengan apa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad saw untuk tidur miring ke arah kanan.

Penjelasan ilmihanya adalah posisi tidur miring akan memudahkan otak kita untuk membuang produk limbah hasil metabolisme untuk keluar dari tubuh kita.

Dalam keadaan tidur miring cairan serebrospinal tersaring keluar dari otak dan akan digantikan oleh cairan interstitial. Cairan inilah yang berperan untuk mengeluarkan limbah tersebut dari otak.

Sebenarnya cairan metabolisme tersebut adalah protein. Tapi akan berdampak buruk jika cairan tersebut tersimpan lama dalam otak. Apalagi jika sampai menumpuk. Bisa-bisa kita akan mudah lupa, gelisah, dan juga sebagainya.

Makanya jika Anda mengalami hal-hal di atas bisa jadi posisi tidur Anda yang belum benar. Untuk menguranginya mulailah biasakan untuk tidur dengan posisi miring seperti janin. Lebih dianjurkan untuk miring ke arah kanan.

Walau memang dalam aplikasinya posisi tidur kita akan berubah ketika tidur dengan ketika bangun, tapi tidak ada salahnya untuk coba memulai tidur dengan posisi miring.

Awalnya mungkin sulit jika belum terbiasa. Tapi cobalah untuk mulai membiasakan. Dan rasakan hasilnya.

Post Terkait

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.