Mengetahui Kesehatan Anda Dengan Cek Lidah

328

Belum banyak orang yang tahu bahwa kita bisa memeriksa kesehatan diri kita dengan melihat warna, tekstur dan juga ukuran dari lidah kita sendiri.

Sebagaimana kita ketahui lidah merupakan indera pengecap yang banyak memiliki struktur tunas pengecap. Tetapi lidah juga bisa menjadi indikator kesehatan diri kita.

Itu juga sebabnya mengapa dokter akan menyuruh kita menjulurkan lidah ketika akan diperiksa.

Beberapa indikator kesehatan yang bisa dilihat melalui lidah diantaranya akan dijabarkan di bawah ini.

1.Permukaan lidah

Harus dipahami permukaan lidah yang sehat terlihat berwarna pink dan juga lembab. Untuk lidah yang permukaannya botak atau tidak memiliki tekstur menunjukkan kekurangan zat besi.

Dan untuk permukaan lidah yang memiliki bintik-bintik menunjukkan rentan akan alergi. Lidah yang permukaannya kering pun tidak bagus, karena menunjukkan tanda-tanda stres. Dikarenakan tidak optimalnya kerja kelenjar ludah.

2.Bentuk lidah

Beberapa bentuk lidah bisa memiliki beberapa arti. Diantaranya adalah:

-Bentuk lidah sempit: ini merupakan indikasi akan kepribadian yang secara fisik kaku dan agresif dan biasanya memiliki mental yang berpikiran sempit.

-Bentuk lidah lebar: ini mengindikasikan jika pemilik bentuk lidah lebar memiliki sifat lembut dan harmonis. Baik secara psikologis dan fisiologis.

-Bentuk lidah datar: bentuk lidah ini juga menunjukkan kepribadian yang harmonis.

-Bentuk lidah tebal: mengindikasikan orang yang memiliki bentuk lidah tebal memiliki kepribadian yang agresif.

-Bentuk lidah terbagi dua: untuk lidah yang terbagi dua di tengahnya, ini menunjukkan kepribadian yang labil. Tidak mempunyai pendirian yang tetap dan sering berubah-ubah.

3.Warna lidah

Kesehatan tubuh kita bisa dilihat dari warna lidah kita. Beberapa warna yang mengindikasikan penyakit tertentu diantaranya:

-Warna lidah berubah biru atau ungu: jika kita kelebihan mengkonsumsi gula. Ini tentu tidak baik bagi kesehatan. Penyakit yang timbul adalah obesitas dan juga diabetes.

-Warna lidah merah muda pucat: ini adalah indikasi demam berdarah. Warna ronanya menunjukkan kurang hemoglobin dan nutrisi dalam tubuh.

-Warna putih tebal: bisa disebabkan oleh oversecretion empedu di hati dan kandung empedu.

-Warna lidah kecoklatan atau hitam: ini bisa terjadi jika mengkonsumsi tembakau secara berlebih.

-Warna merah gelap: mengindikasikan peradangan. Dalam kondisi yang ekstrim merupakan indikasi penyakit kanker.

Post Terkait

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.