Mengeluarkan Semut Yang Masuk Ke Telinga

260

Apakah Anda tahu semut yang masuk ketelinga bisa membunuh manusia? Kisah itu pernah terjadi pada seorang anak kecil yang meninggal akibat semut yang masuk ketelinganya berjalan sampai ke otak.

Banyak diantara kita yang belum tahu bagaimana cara mengeluarkan semut yang terlanjur masuk ke dalam telinga.

Biasanya saat telinga kemasukan binatang kecil ini yang akan kita lakukan adalah memasukkan sedikit air ke telinga dan mengeluarkannya kembali dengan tujuan semut akan ikut keluar bersama air tersebut. Atau mengoreknya dengan cutton bud untuk mengeluarkannya dan itu malah akan beresiko melukai gendang telinga.

Saat kita ke spesialis THT mungkin yang akan dilakukan dokter juga sama dengan memasukkan sejenis cairan dan menyedotnya dengan vacum, dan ternyata cara itu juga beresiko, semut akan menggigit karena merasa terdesak oleh cairan tersebut.

Mungkin cara ini adalah cara yang paling aman agar berhasil mengeluarkan semut yang sudah masuk ke dalam telinga.

Pertama-tama adalah arahkan telinga yang kemasukan semut tersebut ke sebuah cahaya, bisa matahari atau lampu, atau bisa menggunakan minyak goreng dingin (jangan yang mendidih) karena semut dapat terjebak/menempel di dinding telingan, setelah itu baru datang ke dokter THT untuk divakum apabila masih ada sisa minyak dan semut belum keluar bersama minyak.

Menurut dokter spesialis THT semut atau serangga lain yang masuk ke telinga tidak akan masuk ke dalam otak atau bagian kepala lain selama gendang telinga tidak pecah atau robek.

Jangan sembarangan memasukkan cairan ke dalam liang telinga lebih baik menggunakan baby oil daripada minyak goreng bila kemasukan binatang, tidak boleh mengorek telinga karena akan menyebabkan iritasi atau luka dan akan mengakibatkan nyeri telinga.

Bahkan dapat merobek gendang telinga yang berakibat ketulian permanen bila gendang telinga yang robek atau pecah tidak menutup kembali.

Untuk mengeluarkan binatang yang masuk ke liang telinga sebaiknya segera ke dokter THT karena mempunyai alat untuk melihat langsung kondisi telinga dan alat khusus untuk mengeluarkan binatang/benda asing yang ada di dalam liang telinga.

Post Terkait

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.