Lempeng Bumi Yang Mengancam Kehancuran Jakarta, Indonesia

566

Tidak dipungkiri indonesia adalah negara yang sangat rentan mengalami bencana alam seperti gempa bumi, gunung meletus, angin puting beliung dan yang lainnya. Di antara bencana alam tersebut gempa bumilah yang paling mendominasi.

Akhir-akhir inipun sering terjadi gempa bumi di Indonesia, dan yang terakhir terjadi adalah gempa bumi di Tegal, Jawa Tengah, pada Kamis (12/11/15) dengan kekuatan 5,1 Skala Richter yang pada hari sebelumnya, Rabu (11/11/15), gempa juga mengguncang kota Bantul, Yogyakarta, dengan kekuatan 5,6 Skala Richter.

Gempa bumi merupakan guncangan yang terjadi di permukaan bumi yang disebabkan karena pelepasan energi secara tiba-tiba sehingga membuat gelombang seismik.

Gempa dahsyat juga pernah memporak-porandakan kota Jakarta pada tahun 1699. Saat itu Jakarta masih bernama Batavia. Gempa yang menelan ribuan korban masyarakat Batavia ini berkekuatan 9 Skala Richter.

Kejadian tersebut diungkapkan oleh seorang ilmuwan yang juga peneliti bernama Phil Cummin dari Australian National University pada jumpa pers Selasa (10/11/15) lalu.

Phil Cummin menjelaskan gempa besar bisa terjadi kapan saja, mengingat Batavia (Jakarta) juga pernah mengalaminya pada tahun 1699 yang bisa dirasakan sampai seluruh Jawa dan menewaskan hingga puluhan ribu orang, dan musibah itu bisa saja kembali terjadi dan akan lebih dahsyat jika lempeng Indo-Australia yang menjadi penyebab musibah itu.

Alasannya adalah karena lempeng Indo-Australia itu berada di bawah kota Bogor, Jawa Barat, Indonesia, yang kedalamannya berada di 100 km dan apabila ia patah atau bergeser akan mampu meluluhlantakkan kota Jakarta dalam waktu sekejap.

Itu adalah ancaman yang serius untuk Indonesia mengingat gempa bumi bisa terjadi kapan saja tidak mengenal waktu juga tempat.

Semoga lempeng tersebut tetap kokoh agar negara ini aman dari musibah gempa bumi. Sudah banyak korban akibat gempa yang terjadi di bumi Indonesia ini.

Mungkin musibah-musibah ini bisa juga sebagai teguran atau pesan untuk manusia supaya selalu mengingat yang menciptakan langit dan bumi serta seluruh isinya dan agar segera bertaubat.

Post Terkait

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.