Kolam Renang Terjorok di Dunia

318

Berenang mungkin bukan kesukaan semua orang. Tetapi jika masuk musim panas ketika udara begitu panas dan gerah, berenang bisa menjadi hal yang enak dilakukan walaupun kita tidak hobi melakukannya.

Jika di Indonesia begitu banyak kolam renang umum atau tempat rekreasi water boom, lain halnya dengan di China.

Di China fasilitas kolam renang tidaklah banyak. Ini dikarenakan pemda setempat tidak dapat meraup banyak untung dari kolam renang indoor untuk bisa beroperasi sepanjang tahun.

Maka dari itu kolam renang umum merupakan tujuan populer masyarakat China ketika musim panas tiba. Mendadak kolam renang umum menjadi ramai dan padat ketika musim panas datang.

Saking meledaknya para pengunjung, tidak ada satupun orang yang dapat berenang di kolam. Mereka hanya bisa berdiri sambil berendam saja.

Salah satu kolam renang umum tujuan terpopuler adalah “The Dead Sea of China”. Kolam ini sungguh besar, terinspirasi dari Laut Mati di Timur Tengah, memiliki air yang asin rasanya.

Kolam tersebut mempunyai luas 30.000 meter persegi dan dapat menampung 10.000 orang sekaligus.

Akibatnya banyak dan padatnya kolam renang umum tersebut hingga dijuluki kolam renang terpadat dan terjorok di dunia. Bagaimana tidak? Pengunjung yang melampaui kewajaran tersebut menyebabkan

air dalam kolam tercemar oleh urea akibat air urin dari para pengunjungnya.

Dan statistik tersebut tidak hanya terjadi di satu kolam renang umum saja, tapi 10% dari total 5.639 kolam renang umum di 24 propinsi yang terdapat di China sudah tercemar.

Bakteri yang terdapat di kolam renang umum di China mencapai 92,3%. Dan 96,9% bakteri coli terdapat di dalamnya.

Hal tersebut bukan tidak berisiko. Buktinya sudah banyak korban yang berjatuhan akibat tidak sengaja meminum air dalam kolam renang tersebut. Pada tahun 2008, tercatat 1 orang meninggal dan 3.158 lainnya kritis.

Data itu terjadi pada tahun 2008 saja. Tapi kini di China fasilitas kolam renang umum sudah mulai bertambah seiring dengan banyaknya pusat-pusat olahraga dan juga rekreasi yang dibangun.

Post Terkait

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.