Khasiat Buah Naga yang Bermanfaat Bagi Kesehatan

308

Buah naga tak hanya membawa ‘berkah’ tetapi berkhasiat untuk kesehatan juga. Khasiat buah naga sangat banyak, karena itulah buah yang satu ini sangat digemari, untuk apa kalau bukan diambil manfaat kesehatannya.

Sebelum saya mengurai khasiat buah naga, adakalanya Anda mesti tahu asal-usul buah naga tersebut. Buah ini mempunyai nama latin Pitaya, dan berasal dari Meksiko sebelum akhirnya dibawa ke Vietnam dan menjadi berkah bagi warganya karena diletakkan disamping altar, dekat pintu gerbang bergambar naga, karena itulah disebut buah naga.

Ini Dia Khasiat Buah Naga yang Patut Anda Ketahui

Sebelum mengetahui khasiat buah naga ada baiknya kita mengenal buah naga sendiri. Buah naga disebut demikian karena bentuk kulitnya yang menyerupai sisik naga.

Rasanya manis dan sedikit masam, dagingnya ada yang berwarna putih atau merah. Buah ini mengandung Kalsium, lemak, vitamin B 2, B 3, betakaroten, fosfor, serat alami dan air, lantas apa kandungan buah naga?

Bemanfaat untuk yang Ingin Diet

Kandungan serat alami dalam buah naga sangat bermanfaat untuk mereka yang ingin diet. Bagi yang ingin diet, siap-siap saja menyetok buah naga ini dalam jumlah banyak, serat alaminya yang membantu untuk mengenyangkan perut, tetapi jaminan takkan membuat perut melar.

Dari 100 gram buah naga hanya 3 % saja yang mengandung karbohidrat, sangat sedikit bukan, sangat cocok untuk yang ingin kenyang tapi takut gemuk.

Mencegah Kanker

Telah kita ketahui bersama, kanker merupakan penyebab kematian nomor satu di dunia, kanker menjadi momok penyakit yang menakutkan.

Tetapi dengan rajin mengkonsumsi buah naga akan mencegah kerusakan sel, sebab di dalam kandungan vitamin C yang ada dalam buah naga adalah antioksidan utama yang mencegah radikal bebas.

Mencegah Penyakit Jantung

Salah satu kandungan buah naga adalah satu dzatnya yang disebut Phytochemical Captin yang sangat baik untuk kesehatan jantung. Dengan memanfaatkan buah ini maka dzat Phytochemical Captin akan bekerja dan menormalkan jantung Anda.

Mencegah Diabetes

Salah satu kandungan buah naga adalah serat alaminya yang melancarkan pencernaan, tetapi selain itu fungsi alami dari seratnya juga untuk mengontrol gula darah.

Selain itu kandungan vitamin B 3-nya mampu untuk menormalkan gula darah, baik diabetes tipe 1 dan tipe 2 yang sering terjadi.

Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan betakaroten dalam buah naga sama fungsinya dengan buah-buahan berwarna merah seperti tomat atau wortel yang sangat baik untuk mata.

Kalau anda bosan dengan wortel atau tomat, cobalah buah naga, disamping rasanya lebih enak, kandungan gizinya lebih banyak.

Demikianlah beberapa khasiat buah naga yang bisa Anda coba sebagai alternatif kesehatan Anda.

Post Terkait

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.