Khasiat Buah Duwet Untuk Kesehatan

157

Buah duwet memang jarang ditemukan sekarang ini, khususnya di daerah perkotaan. Walaupun pohonnya mudah tumbuh di daerah beriklim tropis seperti di Indonesia.

Buah yang memiliki rasa manis dan masam ini memiliki banyak nama tergantung daerahnya. Untuk orang yang berada di daerah Sunda mungkin lebih mengenal dengan sebutan jamblang, di Madura disebut dengan dhuwak, di Bali terkenal dengan nama juwet, dan lain sebagainya.

Warna buah yang dulunya dibawa oleh para pedagang dari India ini berwarna ungu kehitaman. Dan akan meninggalkan warna ungu pada lidah jika dimakan.

Namun begitu banyak sekali manfaat dan khasiat buat duwet atau anggur Jawa ini untuk kesehatan kita. Beberapa manfaat akan dijabarkan di bawah ini.

1.Menjaga kesehatan jantung
Buah duwet ini ternyata dapat menjaga kesehatan jantung. Kandungan zat sodium dan kalium pada buahnya bermanfaat untuk mengendalikan otot jantung, mengatur detak jantung dan untuk menghindari serangan jantung. Caranya dengan langsung mengkonsumsi buahnya atau dibuat jus.

2.Menjaga kesehatan mata
Jika Anda memiliki gangguan pada mata Anda, seperti rabun, mungkin ada baiknya untuk mencoba mengkonsumsi buah duwet untuk mengobati rabun mata Anda. Buah duwet kaya akan vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Vitamin A juga dapat mengurangi resiko kebutaan karena katarak.

3.Menjaga kesehatan tulang dan gigi
Duwet baik untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi karena buah ini mengandung kalsium yang cukup tinggi. Dengan ini resiko akibat penyakit tulang bisa dikurangi. Buah duwet baik untuk para wanita agar terhindar dari kerapuhan tulang.

4.Mengobati sakit batuk
Bagi Anda yang mempunyai penyakit batuk dan sudah menahun, ada baiknya untuk mulai mengkonsumsi buah duwet yang segar. Buah duwet mengandung vitamin C dan senyawa antioksidan yang baik untuk melawan bakteri dan kuman penyebab batuk.

5.Mengatasi sakit perut
Buah duwet mengandung senyawa antosianin, kaemferol dan asam elagik yang baik untuk membantu sirkulasi pencernaan. Konsumsi buah duwet yang masih segar jika Anda mengalami sakit perut. Tapi ingat untuk membersihkannya dahulu sebelum dimakan.

Post Terkait

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.