Akibat Gempa Berkekuatan 5,6 SR Yang Mengguncang Kota Bantul, Yogyakarta 11 November 2015

227

Trauma masyarakat Bantul, Yogyakarta, belum sepenuhnya pulih akibat gempa dahsyat yang menelan banyak korban pada tahun yang lalu.

Kali ini gempa bumi kembali mengguncang kota Bantul, Yogyakarta, pada hari Rabu (11/11/2015). Gempa berkekuatan 5,6 Skala Richter yang mengguncang kota Bantul ini menyebabkan warga yang berada di dekat pusat gempa pun berhamburan keluar rumah untuk mengantisipasi sesuatu yang buruk yang mungkin saja terjadi.

Seperti penuturan Dariyanto(45) warga desa Danggolo Krambil Sawit, Gunung Kidul, yang merasa khawatir kejadian tahun lalu kali ini kembali terjadi lagi. Gempa dahsyat pada tahun 2006 lalu sempat membuat lantai rumahnya terbelah dua.

“Aku kawatir koyo lindu biyen sing nganti gawe omahku doyong lan lemahe sigar dadi loro (saya khawatir seperti gempa yang dulu, yang sampai membuat rumah saya miring dan tanahnya terbelah menjadi dua),” tuturnya saat ditemui unique|NEWS di luar rumahnya.

Dariyanto bersama keluarganya berhamburan keluar rumah saat gempa berkekuatan 5,6 Skala Richter ini terjadi. Mereka berkumpul bersama warga desa lainnya yang juga merasakan keresahan yang sama.

Tidak hanya di desa Danggolo Krambil Sawit, Gunung Kidul, gempa kali inipun sempat membuat anak-anak SMK 1 Purwosari Panggang yang sedang PKL di daerah Jl. Parangtritis, Yogyakarta panik. Mereka berlari menuruni jalan yang masih terjal untuk mencari tempat yang aman.

“Saya bersama teman-teman langsung berlari ke bawah tanpa mempedulikan barang-barang bawaan kami untuk mencari tempat yang aman,” ungkap Rona salah seorang siswa kelas 2 yang ikut dalam PKL tersebut.

Gempa Bantul yang berdurasi 30 detik ini tidak hanya dirasakan masyarakat Yogyakarta, Jawa Tengah saja, bahkan warga Cirebon, Jawa Barat dan sekitarnya pun merasakan gempa tersebut walaupun tidak terlalu kuat.

Menurut BMKG, Daerah Istimewa Yogyakarta gempa yang terjadi pada pukul 18:45:25wib 11 november 2015 yang mengguncang kota bantul dan sekitarnya dengan kekuatan 5,6skala richter tersebut berpusat di 8.97 LS,110.9 BT atau sekitar 120 km barat daya Bantul, DIY dengan kedalaman 93 km.

BMKG menjelaskan bahwa gempa tersebut tidak berpotensi terjadinya tsunami.

Post Terkait

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.