Ditemukan ikan berkaki di Selandia Baru

358

Baru-baru ini ditemukan ikan berkaki di Selandia Baru, tepatnya di Bay of Island. Ikan yang tidak biasa ini diketemukan oleh James, Beuvink, Claudia Howse dan Glenys Howse.

Namun, ikan tersebut sudah mati beberapa lama setelah diketemukan meskipun mereka sudah mencoba untuk membuatnya tetap hidup dengan menyimpannya di akuarium.

Setelah ditemukan ikan berkaki di Selandia Baru, ikan tersebut diserahkan ke Museum of New Zealand Te Papa Tongarewa untuk diteliti dari spesies apakah ikan tersebut.

Sempat menggegerkan dunia maya, akhirnya para peneliti di museum tersebut berhasil mengidentifikasi ikan ‘aneh’ tersebut. Ikan ini sempat membingungkan peneliti karena warnanya yang hitam legam secara keseluruhan. Padahal, biasanya jenis anglerfish memiliki corak garis pada tubuhnya.

Fakta ditemukan ikan berkaki di Selandia Baru

Inilah beberapa fakta yang didapat dari ikan berkaki yang ditemukan di Selandia Baru:
– Ikan ini berwarna hitam pekat diseluruh tubuhnya.
– Ia termasuk dalam jenis anglerfish atau Antennarius striatus yang merupakan spesies ikan yang memiliki sirip spesial karena berbentuk seperti kaki.
– Kaki atau lebih tepatnya sirip ikan anglerfish ini biasa digunakan untuk memudahkannya mencari mangsa di dasar perairan.
– Ikan ini adalah pemangsa yang baik karena ia seringkali mengelabui mangsanya dengan daun telinga berdaging yang dapat menarik perhatian.
– Alat pemangsa yang digunakan ikan ini selain sirip dan daun telinga adalah mulutnya. Ia bisa dengan cepat membuka mulutnya dengan sangat lebar ketika mangsa mendekat.
– Kecepatan dan kekuatan gigitan ikan ini dalam membunuh mangsanya sungguh mengesankan. Pasalnya ia dapat membuka mulutnya dalam kecepatan yang setara dengan peluru senapan.

Sekilas tentang anglerfish
– Ikan ini biasanya memiliki habitat di laut dalam. Tidak heran jika siripnya berbentuk kaki untuk bisa berjalan didasar laut.
– Anglerfish merupakan karnivora yang cukup ganas dengan tampilan menyeramkan dari ukuran kepalanya yang lebar dan besar.
– Ikan ini tidak dapat berenang dengan cepat seperti ikan pada umumnya. Ia juga sulit untuk melihat di kegelapan.

Fenomena ikan aneh yang terjadi di Pantai Utara Selandia Baru ini membuat para peneliti semakin bersemangat untuk mengidentifikasinya lebih lanjut.

Publik pun pastinya masih penasaran dengan fakta-fakta yang bisa digali dari ikan spesial ini. Meskipun sangat disayangkan bahwa ikan ini mati sebelum dapat diteliti, namun hal ini tidak menyurutkan keingintahuan peneliti untuk menggali lebih banyak informasi.

Banyak hal yang perlu digali lebih dalam dari ikan ini dan akan diketahui dari sampel jaringan tubuhnya. Dengan ditemukan ikan berkaki di Selandia Baru semakin menyadarkan kita bahwa masih banyak makhluk hidup lain yang memiliki sisi unik dan ‘aneh’ yang bisa memperkaya ilmu pengetahuan.

Post Terkait

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.