Cara Menghilangkan Bau Khas Daging Kambing

241

daging kambingSebentar lagi umat Islam di seluruh dunia akan merayakan hari raya Idul Adha. Atau sebagian orang menyebutnya Idul Qurban karena banyak binatang kurban yang akan disembelih.

Sebagian hewan kurban yang kita kurban kan atau terima mungkin adalah kambing. Kita tentu ingin mengolah daging kurban tersebut untuk dihidangkan dan disantap bersama keluarga. Untuk daging kambing memang terdapat bau khas pada dagingnya. Butuh cara khusus untuk menghilangkan bau prengusnya.

Bau prengus pada daging kambing disebabkan adanya feromon yang dihasilkan oleh tubuh kambing. Lebih terutama pada kambing jantan.

Khusus untuk kambing yang belum berumur 7 bulan dagingnya tidak ada bau prengus.

Ada beberapa cara yang bisa kita gunakan untuk menghilangkan bau prengus pada daging kambing tersebut.

Cara pertama adalah dengan menyiapkan air yang sudah mendidih, lalu kita masukkan daging kambing tersebut. Biarkan sampai air berbuih. Kemudian buang buih tersebut hingga habis.

Cara kedua adalah dengan menambahkan banyak rempah pada masakan kita. Seperti menambahkan kablet, lada, kayu manis, dan palacengkih.

Pengolahan dengan menambahkan banyak rempah cocok untuk masakan gulai, atau pun sup kambing.

Setelah bau prengus kita hilangkan tentu kita ingin agar daging kambing tersebut terasa empuk. Untuk kambing yang sudah dewasa atau tua dagingnya terasa keras atau liat untuk kita makan.

Ada cara yang bisa kita gunakan untuk membuat daging terasa empuk.
Diantaranya dengan merebus daging tersebut yang lama sampai empuk. Jika dirasa merebus terlalu lama, kita bisa gunakan panci presto. Akan lebih cepat membuat empuk daging kambing. Hanya butuh waktu kurang lebih seperempat jam saja.

Cara alternatif lain yang lebih mudah dan murah adalah dengan daun pepaya. Caranya siapkan beberapa helai daun pepaya, bungkus daging kambing yang ingin kita olah dalam daun pepaya. Diamkan untuk kurang lebih 10 menit. Nanti daging kambing akan terasa lebih empuk.

Cara yang kedua adalah dengan buah nanas. Caranya buah nanas tersebut harus kita lembutkan dulu seperti membuat jus. Setelah itu baru lumurkan buah nanas tadi ke daging hingga merata agar ekstraknya keluar dan melembutkan daging. Diamkan kurang lebih 10 menit. Jangan terlalu lama.

Dijamin sate atau masakan lain yang akan kita buat nanti akan lebih terasa nikmat karena dagingnya sangat empuk.

Selamat mencoba!

Post Terkait

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.