Berita Dan Info Unique

Asal Mula Terciptanya Lagu Nina Bobo

52

nina-boboSiapa sih yang tidak kenal dengan lagu yang satu ini? “NINA BOBO”…. Iya lagu ini sangat populer (pake banget) di masyarakat Indonesia hingga abad ke 21 ini. Kenapa bisa begitu populernya lagu yang satu ini padahal tanpa promosi lewat media cetak maupun elektronik lho… Hehe

Kawan juga pasti sudah pernah mendengarkan lagu ini kan? Pasti dong… Oke deh walaupun lagu ini sudah kita kenal tapi apakah kawan tahu asal muasal lagu ini tercipta? Kalau belum tahu, yuk kita flashback untuk mengetahui cerita di balik terciptanya lagu NINA BOBO ini…

Konon pada tahun 1871 lahir seorang putri cantik dari pasangan campuran Belanda-Indonesia yang diberi nama lengkap Helenina Mustika van Rodjnik. Konon Helenina ini selalu sulit untuk tidur sehingga ibunya selalu berusaha membuatnya tidur dengan melantunkan nyanyian – nyanyian yang selalu berhasil meluluhkan putrinya untuk memejamkan matanya, gadis mungil yang cantik itupun selalu tidur setelah mendengarkan sebuah lagu dari Ibunda nya tercinta.
Kejadian itupun berulang ulang yang menjadi ritual setiap gadis cantik itu mau tidur, tanpa didendangkan sebuah nyanyian, maka Helenina tidak akan pernah memejamkan matanya alias tidur.

Melihat kenyataan ini sang ayah yang jg seorang kapten Belanda mengemukakan pemikirannya kepada sang istri. Dia menyuruh istrinya untuk membuat lirik lagu khusus untuk sang putri tercinta. Mendengar permintaan suaminya dia pun segera berfikir dan di buatnyalah lagu NINA BOBO ini. NINA diambil dari nama putrinya yaitu Helenina. BOBO adalah harapan sang ibu agar Helenina segera tidur, sederhana memang tapi siapa sangka lagu ini bisa bertahan sampai saat ini. Selama kurang lebih 5 atau 6 tahun Helenina mendengarkan lagu ini karna gadis ini terserang penyakit parah yang di sebabkan dari demam yang sangat tinggi di tahun 1875 sampai 1877 dan gadis cantik inipun menghembuskan nafas tetakhirnya di usia 6 tahun di tahun ini (1877).

Belum selesai di sini, setelah Helenina tiada kedua orang tua Helenina yaitu kapten van Rodjnik dan istrinya sering mendengar atau melihat kejadian – kejadian aneh di rumahnya. Seperti pernah suatu hari istrinya mendengar suara Helenina almarhum menangis di kamar mandi, walaupun ragu-ragu akhirnya dia harus kekamar mandi juga dan menyanyikan lagu nina bobo di sana, suara tangispun berhenti. Kejadian-kejadian aneh seperti ini sering dialami sang istri di kehidupannya, dia selalu menyanyikan lagu NINA BOBO setiap suara-suara tangis Helenina terdengar. Hidupnya di habiskan untuk menyanyikan lagu ini, bahkan sudah di alam lainpun Helenina tetap meminta untuk dilantunkan lagu NINA BOBO ini. Ibundanyapun selalu menyanyikannya hingga ajal menjemputnya di tahun 1929.

Setelah istrinya meninggalkannya, kapten van Rodjnik hidup seorang diri di rumah tersebut bersama teror-teror yang menemani hari-harinya, ternyata teror itu tidak berakhir sampai di sini. Kapten van Rodjnik selalu di selimuti dengan kejadian-kejadian aneh. Dia sering mendengar suara-suara aneh dengan tangisan yang memintanya untuk tetap memnyanyikan lagu NINA BOBO. Tidak hanya suara, bahkan saat mimpi pun sang kapten beberapa kali di temui oleh sesosok anak kecil seperti putrinya yang meronta-ronta memintanya untuk menyanyikan lagu NINA BOBO.

Karena kejadian – kejadian yang di alaminya ini kapten rodjnik jiwanya seperti terganggu, dia selalu menyanyikan lagu NINA BOBO sendirian di kamarnya setiap malam sampai dia tidak bernafas lagi…

Ternyata lagu NINa BOBO  diciptakan oleh seorang ibu untuk penghantar tidur putri cantiknya dan judul lagu ini ternyata diambil dari nama Helenina Mustika van Rodjnik, yaitu anak yang berdarah campuran Belanda-Indonesia.

Post Terkait

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.