Ancaman AC Mobil Yang Semua Orang Harus Tahu

329

Sudah banyak kasus kematian yang dialami secara tiba-tiba di dalam sebuah mobil. Kenapa bisa terjadi demikian? Ternyata setelah ditelusuri penyebab kematian di dalam mobil tersebut diakibatkan oleh keracunan AC Mobil.

AC yang terlalu lama dibiarkan hidup pada saat mobil dalam keadaan mati dan tertutup rapat. Maka sirkulasi udara secara otomatis menjadi tidak berfungsi.

Sehingga hal ini menyebabkan menumpuknya karbon monoksida (CO) di dalam mobil tersebut. Setiap karbon monoksida (CO) yang terserap akan cepat menyerap kadar oksigen pada tubuh Anda, sehingga oksigen lama-kelamaan berkurang.

Setiap bagian tubuh yang memerlukan oksigen, yaitu otak dan paru-paru akan terganggu.

Selain adanya penumpukan karbon monoksida, di dalam mobil juga terdapat senyawa-senyawa lain yang cukup berbahaya, yaitu senyawa Benzene, toksin, atau semacam racun yang bisa menyerang organ-organ tubuh yang sangat penting, seperti paru-paru, jantung, ginjal, hati dan otak.

Selain itu senyawa Benzene bisa menyebabkan kerusakan pada struktur makromolekul atau kromosom. Dimana kromosom tersebut berisikan DNA yang berperan sebagai penurunan genetik dan sifat seseorang terhadap keturunannya.

Namun bagi orang yang sudah keracunan di dalam mobil dan masih bisa terselamatkan, maka si korban akan merasakan mual, pusing, bahkan pingsan.

Dan sedangkan untuk jangka yang lebih panjangnya lagi akan rentan terkena penyakit, seperti anemia, leukimia, kanker. Dan untuk yang lebih fatalnya lagi adalah kematian itu sendiri.

Tips Terhindar Dari Ancaman  AC Mobil

Berikut dibawah ini beberapa tips agar terhindar dari Ancaman AC Mobil, diantaranya :

1. Bersihkan secara rutin bagian-bagian mobil, seperti jok, karpet dasar,dengan menggunakan vacum cleaner minimal seminggu sekali.

2. Periksalah setiap bagian sistem pembuangan mobil, yang bertujuan untuk menghindari terjadinya kebocoran. Jika sistem pembuangan tersebut mengalami kebocoran, maka gas karbon monoksida masuk dan menumpuk di dalam mobil akan menyebabkan Anda keracunan.

3. Jangan menghidupkan AC pada saat kondisi mobil tidak dinyalakan dan semua jendela tertutup rapat.

4. Jangan sekali-kali Anda beristirahat di dalam mobil dengan kondisi AC menyala, dan semua jendela tertutup dengan rapat. Jadi jika Anda ingin beristirahat di dalam mobil, maka sebaiknya buka setiap salah satu jendela mobil tersebut, supaya ada udara segar yang masuk.

5. Jika Anda ingin memulai menjalankan mobil, jangan langsung menghidupkan AC. Tetapi alangkah lebih baiknya bukalah kurang lebih 10 menit  jendela mobil, agar udara yang berda di dalam mobil keluar dan digantikan dengan udara yang lebih segar. Setelah itu baru anda bisa tutup jendela mobil dan menghidupkan AC.

Itulah beberapa ancaman yang ditimbulkan dari AC mobil. Dan perhatikan juga beberapa tips diatas agar Anda terhindar dari ancaman AC mobil yang bisa membahayakan tubuh Anda.

Semoga bermanfaat.

Post Terkait

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.