Ada Bus Tanpa Sopir Di Yunani

299

Trikala, sebuah kota pedesaan di utara Yunani, telah dipilih sebagai tempat untuk menguji bus tanpa sopir dalam kondisi lalu lintas real untuk pertama kalinya. Ini adalah bagian dari proyek milik Eropa untuk merevolusi transportasi massal agar mengurangi atau bahkan menghilangkan ketergantungan terhadap minyak selama 30 tahun ke depan.

Uji coba mobil buatan Perancis, CityMobil2, ini sudah dimulai minggu lalu dan akan berlangsung sampai dengan bulan Februari tahun depan.

Sudah dari tahun lalu CityMobil2 telah beruji coba. Diantaranya di dekat markasnya di La Rochelle di Perancis barat, di kampus di Lausanne, Swiss, dan dekat Helsinki, Finlandia, semua dalam kondisi yang terkendali dan tanpa ada kecelakaan sama sekali.

Tapi di Yunani berbeda. Jalanan di sana berkelok-kelok, berbukit, banyak pengendara sepeda dan pengemudi yang tidak sabaran, bus tersebut harus dihadapkan dengan kondisi dan lalu lintas yang nyata.

Pemerintah Yunani harus mengubah undang-undang untuk memungkinkan pengujian dan kota harus membangun jalur bus khusus yang diambil dari lahan milik warga.

Bus tersebut tidak terlihat futuristik. Malah lebih terlihat seperti mobil penjual es krim. Tapi mobil yang mempunyai kapasitas 10 tempat duduk tersebut sudah dilengkapi peralatan canggih, diantaranya GPS sebagai penunjuk jalan, termasuk laser dan kamera, yang mana datanya akan dikirim kembali ke pusat kendali.
bus tanpa sopirKecepatan bus tersebut tidak lebih dari 12 km/jam, namum uji coba yang dilakukan di Trikala berpotensi sebagai awal kemajuan besar untuk dunia transportasi otomatis. (Baca juga mobil karton buatan Lexus).

“Ada banyak kota di Eropa yang mengajukan diri untuk menjadi tempat percobaan. Tapi mereka memberi akses terbatas untuk beberapa bagian kota saja. Kami mengatakan kami pasti bisa mewujudkan bus ini berjalan di lingkungan yang padat dan kami berhasil,” kata Odisseas Raptis, yang mengepalai departemen proyek kota digital, e-Trikala.

Meskipun bus tanpa sopir ini sepenuhnya otomatis dengan navigasi dan pendeteksi yang terpasang pada bus, tetap setiap kendaraan akan dipantau oleh sopir di pusat kontrol. Mereka memiliki kuasa untuk mengubah sistem jika dibutuhkan.

Seolah-olah mereka berada di dalam bus dan mereka dapat menghentikan bus jika terjadi kesalahan.

Saat ini bus sedang diuji coba berjalan tanpa penumpang, dengan pengujian penuh dilakukan pada akhir bulan ini ketika jaringan serat optik yang memungkinkan transmisi data yang lebih cepat selesai dipasang.

Keren, ya. Kira-kira kapan bus tanpa sopir bisa diterapkan di kota-kota dan desa-desa di Indonesia, ya?

Post Terkait

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.